Ads Right Header


Mengejek Anies Baswedan Samakan Dengan Joker, Di POLISIKAN!

Mengejek Anies Baswedan Samakan Dengan Joker, Di  POLISIKAN!

InovasiTerbaru - Seorang pengajar dari ilmu komunikasi yang bernama Ade Armando sempat membuat heboh dengan sejumlah ungggahan yang ada di media sosial, Ia mengupload dan mengedit sejumlah foto-foto Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dalam riasannya menyerupai tokoh Joker dari perfilman DC Comics.

Seorang Dosen yang boleh dikatakan sangat berpendidikan tersebut, dan iya nya berasal dari Universitas Indonesia, Ade Armando. Ia mengunggah sejumlah foto yang kemudian di beri caption "Gubernur Jahat Berawal dari Menteri yang Dipecat."

Begitu foto tersebut di unggah, foto Anies Baswedan dengan riasan Joker tersebut tentu membuat seluruh media sosial menjadi heboh tentunya. Tidak tanggung-tanggung, dari foto tersebut menuai lebih dari 4.800 komentar dan di share ulang sebanyak 964 kali. 

Tidak membutuhkan waktu yang lama untuk mengatasi masalah ini tentunya. Yang pada akhirnya menyeret saudara Ade Armando ke ranah hukum. Dikarenakan dari pihak DPD DKI Jakarta, Ibu Fahira Idris yang tepatnya pada hari jumat semalam langsung mendatangi kantor Polda Metro Jaya bertujuan melaporkan saudara Ade.

Pertanyaan dari agen depopulsa.co, adalah apakah dasar hukum yang akan di pakai Fahira untuk melaporkan Ade ke polisi ?, akan kita bahas sebagai berikut :

1. Pelapor merasa tersinggung dengan foto yang di unggah


Fahira mengatakan, "Saya sangat-sangat terkejut dan merasa tersinggung ya sebagai warga DKI Jakarta. Dan bahkan pun bukan hanya saya yang tersinggung, namun kalau mau dikatakan dan ditelusuri, sangat banyak orang yang tersinggung." Ketika berada di Polda Metro Jaya, Jumat malam.

Unggahan yang dibuat Ade itu di media sosial itu juga berujung panjang, bahkan berkelanjutan mengenai dugaan mark up anggaran di RAPBD DKI Jakarta pada tahun anggaran 2020. Ada yang mengatakan bahkan sempat menuliskan Dinas Pendidikan DKI memerlukan anggaran Rp 82 miliar untuk membeli lem aibon.

2. Menjadi Trending Topic gunakan hastag #tangkapAdeArmando


Dari informasi yang kami dapatkan bahwa, sejak unggahan tersebut menjadi trending topic dan viral di media sosial, maka sosok Ade saat ini boleh dikatakan buronan, seorang yang sangat di cari-cari saat ini. Itu sebabnya keluarkan hastag #tangkapAdeArmando sejak adanya unggahan tersebut dari jumat semalam.

3. Pelaporan berdasarkan penyalahgunaan UU ITE


Menurut Fahira, ia menyakini bahwa perbuatan tercela tersebut buknalah pembuat dari meme tersebut. Namun yang menjadi masalah terbesar adalah Ade menggunakan akun pribadinya untuk mengunggah foto tesebut ke media sosial,

Dan dari postingan tersebut hingga menyebar luas di ranah media sosial. Fahri mengatakan, untuk pembuat meme tersebut, sampai saat ini yang pastinya kita tidak tahu siapa, tetapi yang sudah jelas adalah Ade adalah menyebarkan meme tersebut.

Fahri menyambangi Polda Metro Jaya dan melaporkan dengan menggunakan pasal 32 ayat 1 junto Pasal 48 ayat 1 UU 19/2016 tentang ITE dengan isi 'larangan mengubah terhadap bentuk dokumen elektronik dan atau informasi elektroni.'

4. Ade Armando sudah sering dilaporkan namun tidak di tangani


Sejak mengenai kasus ini, maka latar belakang Ade Armando juga di telusuri, dan dikatakan oleh Fahri bahwa Ade ini sudah beberapa kali sudah ternyata dilaporkan ke pihak polisi. Namun ternyata tindakan tersebut hingga kini yang menyangkut beberapa masalah sebelumnya hanya berstatus tersangka saja, setelahnya dari pihak kepolisian hanya diam dan tidak ada adanya tindakan lebih lanjut.

Penetapan Kapolri yang baru di lantik oleh Presiden Joko Widodo, Bpk Idham Azis. Ini menjadi salah satu optismisme bagi Fahri, pasalnya beliau diyakini akan sangat sigap dan juga mengurusnya hingga ke titik bawah, demi melakukan penegakan hukum tentunya. Indonesia ini harus bisa berubah, tidak ada yang boleh kebal hukum, tutur Fahira.

Laporan pernah mencatat bahwa Ade sudah pernah dilaporkan oleh seorang yang bernama Denny Andrian dengan tuduhan tindak pidana agama pada April 2018. Tepatnya pada tanggal 4 April 2018, Ade sempat membuat heboh juga dengan cuitannya diakun media sosialnya, menuliskan bahwa "Azan tidak suci, azan itu cuma panggilan sholat. Sering tidak merdua. Jadi biasa-biasa sajala."

Disisi lain Ade juga pernah dilaporkan oleh pihak FPI ke Mabes Polri, karena dinilai telah menghina Imam Besar FPI Rizieq Shihab.

Berikut artikel ini kami perbuat dengan dasar informasi dan data-data yang sudah valid, semoga ini dapat menjadikan pembelajaran bagi kita semua, untuk menggunakan media sosial dengan bijak, menjaga tutur kata dengan bahasa yang baik tentunya.


Previous article
Next article

Belum ada Komentar

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Ads Atas Artikel

Ads Tengah Artikel 1

Ads Tengah Artikel 2

Ads Bawah Artikel